Artikel ini mengulas pengalaman terakhir saya menggunakan layanan internet seluler untuk penumpang VIA Rail Canada selama perjalanan dari Toronto ke Montreal. Jenis layanan ini semakin umum dalam beberapa tahun terakhir. VIA adalah pengguna awal; meluncurkan layanan internet bergerak pertama mereka pada tahun 2006 dan kemudian ditingkatkan pada tahun 2010 dan 2011.

VIA Rail Canada adalah salah satu perusahaan kereta api pertama di dunia yang menawarkan layanan internet seluler kepada penumpangnya pada tahun 2006. 42 kereta di koridor pusat Kanada antara Windsor Ontario dan Quebec City dengan panjang sekitar 700 mil. Awalnya, layanan ini menggunakan kombinasi satelit dan sepasang koneksi seluler 2G. Pada tahun 2010, layanan ini diperbarui untuk menggunakan beberapa koneksi seluler 3G; benar-benar meninggalkan koneksi satelit. Layanan masuk akal untuk baik menurut akun yang saya temukan di internet, blog dan Twitter.

Selama 2011 dan 2012, upgrade lengkap truk forklift telah dilakukan. Layanan baru ini dipasang di 42 armada kereta dan terdiri dari 6 koneksi seluler HSPA + yang terakumulasi, server dan pengontrol on-board, di jalur akses penumpang pelatih (B, G), dan jaringan nirkabel N mesh yang menghubungkan semua pelatih. menghubungkan.

VIA menjual layanan ini sebagai bagian dari "Jalan Manusia" untuk menjalankan tema "kampanye", menekankan layanan sebagai penggunaan waktu tempuh produktif untuk bekerja atau bersantai, seperti jejaring sosial, aktivitas pemesanan di tempat tujuan, menemukan informasi tentang apa yang harus dilakukan saat tiba di tempat tujuan, atau hanya membaca surat kabar online atau menjelajahi internet.

Saya telah memiliki kesempatan untuk melakukan perjalanan berkali-kali pada bisnis dan kesenangan di VIA Rail dan saya selalu berada di bawah kesan keseluruhan kinerja layanan internet seluler, yang saat ini ditawarkan secara gratis Setelah Anda menghubungkan perangkat Anda ke titik akses Wi-Fi, Anda mendapatkan pilihan bahasa yang berbeda untuk layanan, bahasa Inggris atau Prancis, Anda harus menerima beberapa ketentuan umum di mana Anda akan dibawa ke halaman arahan tentang layanan yang ditawarkan oleh VIA Rail, dari mana Anda dapat menjelajahi internet.

Saya telah dapat mengakses file bekerja melalui koneksi VPN dengan server kantor saya; edit dan perbarui dokumen teks, spreadsheet, dan presentasi. Juga mendekati sistem webmail seperti Gmail adalah sepotong kue. Berselancar di web juga cukup cepat. Hal-hal lain yang telah saya lakukan adalah akses ke layanan streaming musik seperti Accuradio dan Tunein tanpa cegukan. Saya telah melihat dan memperbarui album foto web saya tanpa masalah di Picasa. Saya juga melakukan beberapa belanja online dan perbankan online. Saya bahkan melihat penumpang menggunakan panggilan video Skype. Tapi streaming video adalah hit dan hilang di lingkungan ini dan situs-situs seperti YouTube diblokir karena alasan kinerja, untuk mempertahankan bandwidth dan untuk mempertahankan pengalaman pengguna yang baik. Hal ini dapat dimengerti dalam lingkungan seluler bersama ini di mana bandwidth yang tersedia dari jaringan seluler merupakan faktor pembatas. Tetapi Anda masih memiliki akses ke layanan video berita seperti surat kabar penting, CNN atau CBC misalnya. Tapi seperti yang saya katakan, video bisa menjadi hit and miss affair.

Jadi sebagai pengalaman pengguna, layanan ini cukup bagus untuk layanan gratis. Berapa lama itu gratis, namun? Seperti yang Anda bayangkan, itu bisa mahal untuk menyediakan layanan ini. VIA memperkirakan bahwa lebih dari 20.000 penumpang menggunakan layanan dan lalu lintas rata-rata mencapai lebih dari 1 terabyte per minggu. Umpan balik Twitter dan Facebook umumnya positif dan mendukung pengalaman pribadi saya sendiri.

Seperti halnya jaringan seluler, ada beberapa zona di mana kinerja dapat menurun. Suatu daerah di sepanjang Danau Ontario, di mana kinerjanya sangat bagus hingga baik atau masuk akal. Tetapi pada 100 MPH area ini dengan cepat memperbesar dan kinerja mengambil cukup cepat. Kredit VIA menunjukkan area yang dikenal ini dalam informasi mereka tentang layanan dan pada peta yang dipublikasikan di situs mereka dan di majalah penumpang mereka. Dukungan teknis tersedia baik melalui telepon dan SMS.

Sebagian besar kereta yang saya ambil adalah 3 atau 4 mobil panjang dan saya memperkirakan bahwa sekitar setengah dari penumpang menggunakan layanan ini. Ini akan berada di mana saja dari 80 hingga 100 pengguna yang terhubung dengan kereta api penuh. Saya telah melakukan berbagai pengukuran dengan alat seperti Tes Kecepatan. Ini memberi Anda gambaran tentang pengalaman pengguna. Rata-rata kecepatan pengunduhan yang diukur saya adalah sekitar 2,75 mbps dengan puncak 5 mbps dan lebih tinggi. Kecepatan upload rata-rata sekitar 1mbps dan puncak 3mbps terjadi. Saya telah melakukan pengukuran ini dengan komputer laptop Windows dan tablet Android Samsung saya. Kecepatan ini cukup untuk layanan apa yang seharusnya. Menurut VIA, yang terbaik adalah "untuk menjelajahi web dan e-mail"; tetapi melalui pengalaman saya, Anda dapat mencapai lebih banyak lagi.

Jadi secara umum, layanan internet nirkabel VIA Rail dapat diandalkan dan cepat. VIA baru-baru ini memperkenalkan server olahraga media di sejumlah kereta sebagai suplemen untuk layanan internet nirkabel. Portal ini menawarkan fakta berita harian dan beberapa program TV & dokumenter yang telah dijalankan ulang. Ini menunjukkan bahwa VIA berkomitmen untuk mengembangkan dan meningkatkan layanan ini bagi penumpangnya.

Saya menyarankan Anda mencoba VIA dan layanan internet nirkabel saat Anda berada di area layanan mereka. Bepergian dengan kereta api jauh lebih tidak stres daripada terbang dan juga bisa menjadi penggunaan waktu yang produktif.

oleh Mike Gaudreau – Boomer Technology 30 November 2012



Source by Mike Gaudreau